January 25, 2012

Pemasangan Kabel UTP/STP


Membahas sebuah jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer, perangkat komputer tambahan dan perangkat jaringan lainnya yang saling terhubung dengan menggunakan media tertentu dengan aturan yang sudah ditetapkan.
Salah satu kebutuhan untuk terhubung ke jaringan dan memanfaatkan layanan yang ada adalah melalui koneksi Secara Fisik (Phisical Connection), secara langsung peralatan harus terhubung dengan jaringan tersebut artinya semua peralatan yang berpartisipasi harus terhubung secara langsung seperti PC, NIC, media jaringan, repeater, hub, switch, router, birdge dll.
Disini penulis akan membahas tentang penggunaan media jaringan yang dipakai yaitu menggunakan kabel UTP dimana jenis media ini lebih banyak dipakai pada topologi Star maupun Extended Star. Kabel UTP memiliki 8 pin (4 pasang) yaitu:
pin 1 dengan warna hijau-putih (TD+)
pin 2 dengan warna hijau (TD-)
pin 3 dengan warna orange-putih (RD+)
pin 4 dengan warna biru (NC)
pin 5 dengan warna biru-putih (NC)
pin 6 dengan warna orange (RD-)
pin 7 dengan warna coklat-putih (NC)
pin 8 dengan warna coklat (NC)
Berikut ini konfigurasi kabel UTP yang terpasang pada konektor RJ45:

Ada 3 cara dalam pemasangan kabel UTP:
1. Straight Trought.
Pengkabelan jenis ini biasanya diperuntukkan untuk menghubungkan peralatan yang berbeda jenis. Misal untuk menghubungkan PC dengan switch, switch dan router, switch dan Hub dan sebagainya.Susunan kabelnya adalah sebagai berikut:

2. Cross Over.
Pengkabelan jenis ini biaanya digunakan untuk menghubungkan peralatan sejenis. Misal untuk menghubungkan PC dengan PC, switch dengan switch dan sebagainya. Susunan kabelnya adalah sebagai berikut:

3. Roll Over.
Pengkabelan jenis ini merupakan pengkabelan khusus, Misal untuk melakukan konfigurasi router menggunakan PC. Susunan kabelnya adalah sebagai berikut:

* Untuk detail mengapa beberapa perangkat jaringan harus menggunakan kabel yang berbeda, dikelompokkan dalam posisi layer pada protokol jaringan dan akan dibahas pada tulisan berikutnya.
Semoga bermanfaat…

Sumber: kuliah di EEPIS-ITS Surabaya